setting

GUDANG ILMU: CARA BELAJAR EFEKTIP

CARA BELAJAR EFEKTIP

CARA BELAJAR EFEKTIP      


   Belajar merupakan proses terus-menerus sampai nafas terakhir. Pada saat yang sama, kita harus menjadi pembelajar yang lebih efektif. Kita harus ingat apa yang kita pelajari dan harus mampu mengingat setiap kali diperlukan untuk memanfaatkan secara efektif. Ada beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk meningkatkan kualitas belajar kita.
1.  Ada beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan daya ingat kita. Cara terbaik adalah untuk meningkatkan fokus. Hal ini telah dibuktikan bahwa jika Anda menyusun waktu belajar Anda dan berhenti menjejal banyak hal sekaligus, Anda dapat meningkatkan fokus Anda yang pada akhirnya akan meningkatkan memori Anda.
2.  Jika Anda belajar dan berlatih keterampilan baru, Anda dapat meningkatkan kualitas belajar Anda. Ini berarti bahwa Anda tidak boleh berhenti belajar hal baru atau keterampilan baru. Pembelajaran yang efektif yaitu Anda perlu berlatih apa yang Anda pelajari terus menerus.
3.  Langkah penting berikutnya adalah Anda harus menggunakan lebih dari satu cara untuk belajar keterampilan baru. Anda dapat mereproduksi apa yang Anda pelajari dengan menuliskannya dalam kata-kata Anda sendiri atau menjelaskan ke teman atau rekan dekat. Hal ini membuat belajar Anda lebih efektif. Menurut para ahli, otak akan menggunakan daerah yang lebih dalam proses ini, ini akan menyimpan apa yang Anda pelajari. Hal ini meningkatkan interkoneksi di dalam otak. Untuk kebutuhan tertentu, Anda akan menggambar data dari semua daerah. Apa yang sebenarnya Anda lakukan adalah “referensi silang” dan bukan “menghafal sederhana”. Banyak cara lain untuk belajar efektif adalah dengan mengajarkan apa yang telah Anda pelajari ke beberapa orang lain. Dalam contoh di atas dalam mempelajari bahasa baru, Anda dapat menerjemahkan pelajaran Anda menggunakan kata-kata Anda sendiri, sehingga memperkuat pengetahuan yang Anda peroleh. Anda juga dapat mencoba berpartisipasi dalam diskusi kelompok dan mengekspresikan apa yang Anda pelajari dengan kata Anda sendiri.
4.  Belajar relasional adalah cara terbaik untuk membuat proses belajar Anda lebih efektif. Dalam proses ini, Anda akan menggunakan pembelajaran masa lalu Anda untuk membantu Anda dalam belajar hal baru. Karena Anda sudah tahu hal-hal tertentu, usaha Anda untuk belajar pelajaran baru akan lebih cepat.
5.  Pengalaman praktis akan membantu Anda untuk belajar lebih efektif. Ada banyak ketrampilan yang dapat dimasukkan untuk berlatih. Bahkan dalam kasus belajar bahasa baru, jika Anda berlatih berbicara dengan orang lain yang sudah tahu bahasa, Anda akan dapati bahwa hal ini sangat berguna.
6.   Ketika Anda mempelajari keterampilan baru dan jika Anda lupa langkah tertentu, bukan berjuang untuk mengingat langkah-langkahnya, lebih baik untuk mencari jawabannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda terus mencoba untuk mengingat jawaban yang benar, Anda akan tetap berada di “zona kesalahan” untuk jangka waktu lebih dan ini akan terbukti merugikan bagi proses belajar Anda.
7.  Setiap orang memiliki cara terbaik sendiri dalam belajar. Anda harus mencoba untuk menemukan itu dan mengadopsinya untuk belajar keterampilan baru secara efektif.
8.  Ujilah apa yang Anda pelajari sesering mungkin untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk belajar. Anda akan ingat hal yang lebih nyaman dengan mengikuti langkah ini.
9.  Penelitian terbaru telah menyangkal teori bahwa multitasking baik untuk belajar.  Multitasking menghambat proses pembelajaran. Anda akhirnya akan menjadi pembelajar tidak efisien. Jadi, Anda harus fokus pada belajar satu keterampilan dan hanya setelah Anda menyelesaikannya sejauh yang diperlukan, Anda baru beralih ke yang berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © GUDANG ILMU Urang-kurai